YAMAHA MOTOR
INDONESIA, DARI MANAJEMEN STRATEGIS MENUJU TATA KELOLA STRATEGIS
Abstrak
Manajemen strategis dinilai lebih cenderung ke manajemen
daripada strategi. Hal tersebut karena manajemen strategis menyediakan blue print perencanaan, proses implementasi, kontrol, dan
evaluasi operasional perusahaan. Implikasinya, manajemen strategis terjebak
pada proses perancangan strategi yang dikerjakan secara mendetail dan kaku
karena kurang mempertimbangkan dinamika iklim ekstenal yang
kerap berubah sewaktu-waktu. Dengan demikian karakter strategi yang merupakan
respon unik terhadap satu fenomena tertentu menjadi hilang. Inilah inti yang
membedakan manajemen strategis dengan strategi itu sendiri.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan paper ini adalah
memverifikasi bahwa manajemen strategis lebih cenderung ke arah manajemen
daripada strategi. Untuk membuktikan tesis tersebut, diajukan studi kasus
Yamaha Kencana Motor Indonesia. Selama kurang lebih 3 dekade, Yamaha Indonesia
menggunakan manajemen strategis yang secara konsisten meluncurkan produk di
kategori motor 2-tak yang mengutamakan kecepatan. Perubahan iklim eksternal
membuat Yamaha merumuskan ulang strategi mereka untuk beradaptasi dengan
perubahan lingkungan bisnis yang tak dapat diprediksi. Pada akhirnya, Yamaha
memutuskan beralih ke segmen motor 4-tak dan matik, serta meninggalkan bidang garapan
tradisional mereka. Strategi ini berhasil membawa Yamaha mencapai tingkat
profitabilitas luar biasa dan menggoyang kemapanan Honda sebagai market
leader perusahaan motor di
Indonesia.
Keywords: manajemen strategis,
tata kelola strategis, dinamika iklim eksternal, tingkat profitabilitas
Manajemen Strategis
Manajemen strategis adalah seperangkat
konsep untuk mengembangkan dan memberlakukan rencana untuk mencapai tujuan
jangka panjang yang melibatkan pemanfaatan sumber daya internal serta
memperhitungkan faktor-faktor eksternal. Manajemen strategis meliputi
perspektif yang integral, manajerial yang berorientasi masa depan yang
berfokus pada pemikiran progresif dan berbasis pada kinerja (Kiggundu, 1996,
dalam Scribner, t.t.).
Brinkerhoff
(1991, dalam Scribner, t.t) mengatakan bahwa karakteristik manajemen strategis
terdiri dari “looking out”, “looking in”, dan “looking ahead”. Looking
out berarti seorang manajer harus memandang jauh melampaui tapal batas
organisasi atau perusahaan untuk merumuskan tujuan yang disasar,
mengidentifikasi para stakeholder, dan membangun konstituen untuk
perubahan. Looking in berarti melakukan analisa kritis terhadap
sistem perusahaan, dan memperkuat struktur pengelolaan karyawan, keuangan, dan
sumber daya lainnya. Sedangkanlooking ahead berarti penyatuan
strategi dengan struktur dan sumber daya untuk mencapai tujuan, disertai proses
monitoring, dan evaluasi kinerja yang telah dijalankan.
Dengan melakukan optimalisasi pada ketiga
pendekatan diatas, manajemen strategis dapat membantu perusahaan mencapai visi,
misi dan tujuan mereka. Manajemen strategis bekerja mengidentifikasi target
jangka panjang, mencermati wilayah operasi perusahaan, mengevaluasi struktur
dan sumber daya perusahaan, mengidentifikasi tantangan yang menghadang,
memahami para stakeholder, membangun aliansi, membangun dan
merencanakan aksi, serta membuat penyesuaian untuk memenuhi target yang dituju.
Jadi, manajemen strategis selalu berbicara mengenai gambaran besar yang
memberikan pondasi dasar bagi perusahaan untuk merumuskan langkah-langkah
strategis dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan.
Semenjak kemunculannya yang pertama di era 1950-an, manajemen
strategis menjadi tata pengelolaan manajerial yang umum digunakan dalam jangka
waktu yang lama. Chandler (1962)menyadari pentingnya mengkoordinasikan berbagai aspek manajemen
di bawah satu strategi besar yang mencakup semua unit divisi. Pada era
sebelumnya, berbagai fungsi manajemen terpisah satu sama lain, dengan tingkat
koordinasi yang kurang intens.
Kemunculan manajemen strategis menyatukan semua unit manajerial menjadi satu
unit di bawah sebuah strategi besar yang didasarkan atas tujuan tertinggi yang
hendak dicapai perusahaan. Strategi jangka panjang yang terkoordinasi
diperlukan untuk mengidentifikasi arah, tujuan, struktur dan fokus jangka panjang perusahaan
secara lebih tepat.
Manajemen strategis menyediakan cetak biru perencanaan, proses implementasi,
control dan evaluasi dari operasional sebuah perusahaan. Manajemen
strategis meliputi lima aspek kunci; (1) perencanaan tujuan, (2) analisis
tujuan, (3) formulasi strategi, (4) implementasi strategi, dan (4) monitoring strategi
(Scrabner, tt). (1) Goal-setting digunakan untuk menyusun visi
dan misi perusahaan, mengidentifikasi tujuan jangka panjang dan jangka pendek,
serta menghubungkan antara apa yang menjadi tujuan perusahaan dengan
langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. (2) Sektor Analisis
digunakan oleh pemangku kebijakan perusahaan untuk mengumpulkan informasi
terhadap kelebihan dan kelemahan internal perusahaan, dan membandingkannya
dengan situasi eksternal. Identifikasi iklim eksternal dapat membantu
perusahaan melihat peluang dan ancaman bisnis dari para kompetitor. (3)
Kemudian formulasi strategi adalah tahap untuk menentukan strategi yang akan
diterapkan, menentukan prioritas, mengembangkan pilihan-pilihan, kemudian
membuat keputusan setelah melalui pertimbangan cukup matang. (4) Pada tahap
implementasi strategi merupakan saat memberdayakan sumber daya yang dimiliki
perusahaan dengan panduan strategi yang telah diagendakan. Oprimalisasi sumber
daya serta pembangunan kapasitas perusahaan sangat diperlukan untuk mencapai
target yang disusun. (5) Lalu tahap yang terakhir adalah monitoring strategi,
yaitu evaluasi terhadap implementasi keempat unsur diatas. Pada tahapan
evaluasi perusahaan melihat sejauh mana kemajuan yang telah diraih dan seberapa
jauh posisi perusahaan terhadap target yang direncanakan. Selain itu perusahaan
juga memetakan perubahan lingkungan eksternal dan akibatnya terhadap
perusahaan, kemudian merumuskan upaya-upaya strategis untuk menyesuaikan diri
terhadap perubahan tersebut. Kelima elemen diatas merupakan elemen-elemen yang
integral dan tak terpisahkan satu sama lain. Kelemahan pada satu elemen dapat
menyebabkan ketidakstabilan elemen-elemen lainnya, oleh karena itu manajemen
strategis merupakan proses berkelanjutan yang melibatkan kelima elemen kunci
diatas secara bersama-sama.
Gagasan manajemen strategis kemudian juga mengenal analisa yang mengintegrasikan
analisis lingkungan internal
dan eksternal perusahaan. Proses analisa ini diperkenalkan oleh Philip
Selznick pada 1957 yang kemudian
dikenal dengan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).
Pada tahap analisa internal, seorang stakeholder diharuskan
mengenali kelemahan dan kelebihan perusahaan sehingga mampu dimanfaatkan
menjadi modal untuk memajukan perusahaan. Sementara analisis eksternal berfokus
kepada proses memanfaatkan peluang untuk bermain di pasar dan mengantisipasi
adanya ancaman yang berpotensi menghambat perusahaan. Pada tataran analisis
eksternal ini, perusahaan dituntut untuk menganalisa berbagai kemungkinan
perubahan lingkungan yang terjadi. Dengan analisis jangka panjang demikian,
perusahaan diandaikan sanggup beradaptasi dengan potensi perubahan lingkungan
eksternal yang semakin dinamis. Tidak malah menjadi korban dari perubahan,
sebaliknya, perusahaan mampu meningkatkan profitabilitas dengan adanya
perubahan tersebut. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa manajemen
strategis merupakan suatu proses untuk membantu organisasi dalam
mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka
mencapai hasil yang mereka inginkan.
Keterbatasan Manajemen Strategis
Di tengah semua kelebihan tersebut, muncul banyak pertanyaan
terkait eksistensi manajemen strategis. Penentuan arah dan tujuan besar
perusahaan yang menjadi ciri khas manajemen strategis di satu sisi sangat
penting, namun apabila implementasi dari strategi tersebut diterapkan secara
kaku, yang terjadi adalah terhambatnya kreatifitas. Terlebih apabila kita
melihat perkembangan dunia di era sekarang sangatlah dinamis, menjadikan unsur
perubahan adalah suatu hal yang niscaya..
Peter Drucker (1969) menciptakan istilah era
diskontinuitas untuk
menggambarkan arah perubahan yang semakin tidak menentu dan akan
berpengaruh luas pada kehidupan manusia di masa mendatang. Di zaman kontinuitas sebelumnya,
prediksi terhadap perubahan di masa depan bisa lebih akurat, karena perubahan
yang terjadi cenderung linear. Namun menurut Drucker, di era diskontinuitas
saat ini terdapat keterputusan dari pola perubahan masa lalu dan prediksi
terhadap masa depan adalah sia-sia. Tren perubahan di masa mendatang
berubah-ubah, tidak dapat diprediksi, dan kecepatan perubahan yang terjadi
sangat cepat dan terus berkelanjutan. Hal ini yang membuat stabilitas dunia
semakin ambigu. Dia mengidentifikasi
empat sumber diskontinuitas: teknologi , globalisasi , pluralisme budaya , dan
modal pengetahuan (knowledge capital).
Di tengah situasi dunia yang semakin dinamis, seperti penjelasan
Drucker diatas, arah perubahan menjadi
semakin cepat dan tidak dapat diprediksikan lagi, unsur manajemen strategis
menjadi kurang cocok diterapkan. Seperti dikatakan oleh Dallas (2008)
realitas kompetisi global merupakan bagian kritis dari proses manajemen
strategis yang akan berpengaruh signifikan pada performa perusahaan. Bahkan,
mempelajari bagaimana memenangkan kompetisi di dunia yang global ini adalah
salah satu tantangan signifikan bagi perusahaan di abad ke dua puluh satu.
Dalam manajemen strategis, ketika strategi menjadi
terinternalisasi dalam budaya perusahaan, maka arah organisasi menjadi lebih
sempit, dan terpaku pada rancangan besar yang telah dibuat perusahaan. Dalam
situasi demikian, manajemen strategis tidak bisa seperti strategi yang merupakan respons unik
terhadap setiap perubahan yang sewaktu-waktu terjadi. Mengingat cukup masifnya
perubahan yang terjadi, terlebih dalam era globalisasi seperi sekarang ini,
analisa komperehensif tidak mungkin diterapkan mengingat terbatasnya kapasitas
manusia dalam melihat kemungkinan-kemungkinan perubahan situasi yang cukup
kompleks. Kompleksitas
permasalahan tidak bisa hanya dipecahkan dengan sebuah strategi besar yang fit
to all. Perusahaan dihadapkan pada pilihan bergerak mengikuti
perubahan atau tergilas roda perubahan itu sendiri, adaptasi atau mati.
Ketidakpastian dan ambiguitas era kontemporer saat ini selaras dengan pernyataan Clausewitz mengenai nature
of war, dimana dia utarakan bahwa perang adalah akumulasi dari
sejumlah keputusan, tindakan dan reaksi terhadap konteks yang tidak menentu dan
berbahaya.
Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan strategi untuk berpikir
secara simultan, terus menerus tanpa henti dengan menganlisa pendekatan terbaik untuk
mencapai tujuan perusahaan.Esensi dari strategi adalah “a process,
a constant adaptation to shifting conditions and circumstances in a world where
chance, uncertainty, and ambiguity dominate” (Murray-Grimsley, 1994). Jadi
bagaimana perang (kompetisi) tersebut dimenangkan adalah bagaimana strategi
tersebut dibangun untuk secara konsisten beradaptasi dengan lingkungan.
Sementara Porter (1996) mengatakan ”the reason why firms succeed or fail is
perhaps the central question in strategy ”. Artinya, strategi akan
menentukan berhasil atau gagalnya suatu perusahaan. Oleh karena itu, mengingat
perannya yang sangat menentukan, maka penentuan strategi menjadi sesuatu hal
yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.
Strategi tidak harus detail dan baku,
karena strategi merupakan capacity for intelligent trial & error, dengan mempertimbangkan segala kemungkinan perubahan yang akan
terjadi untuk kemudian merumuskan pendekatan-pendekatan unik yang berbeda dalam
setiap situasi. Karakterfluidity dari strategi yang demikian lah
yang tidak ditemukan dalam manajemen strategis yang rigid dan linear, sehingga
kemudian dibutuhkan pendekatan baru, yaitu tata kelola strategis yang lebih
menitikberatkan pada inti dari strategi, yaitu fleksibilitas.
PT. Yamaha Kencana Motor Indonesia
Yamaha,
Raja Motor 2-tak
PT. Yamaha Kencana Motor Indonesia merupakan
bagian dari Yamaha Motor Group. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (Yamaha
Indonesia) pertama kali didirikan pada tanggal 6 Juli 1974. Memiliki visi untuk
menjadi “Selalu Terdepan” mendorong Yamaha untuk selalu unggul dalam kompetisi
produk, kualitas, serta layanan pasca penjualan agar citra Yamaha sebagai motor
yang nyaman dikendarai dan memberi perasaan bangga dapat terbentuk. Visi tersebut
didukung dengan melakukan inovasi tiada henti dan selalu mengutamakan kualitas,
berfokus pada kesempurnaan produk, serta aspek pelayanan kepada konsumen. Dalam
implementasi visi tersebut, Yamaha berkomitmen untuk terus berkarya merumuskan
langkah-langkah strategis dalam menghadapi perubahan pasar dengan menempatkan
konsumen sebagai prioritas utama.
Yamaha Indonesia kini memiliki 3 jalur
perakitan dengan mempekerjakan sekitar 6.000 lebih karyawan. Kapasitas produksi
YMKI adalah 3.500 motor per hariatau sekitar 1.277.000 motor setahun. Sampai
dengan tahun 2006 telah memadati indonesia dengan memproduksi 5 juta sepeda
motor, dengan jumlah dealer lebih dari 800 buah yang tersebar di 30 propinsi
serta jaringan bengkel dikenal dengan Bengkel Resmi Yamaha.
Pada awal kemunculannya, Yamaha Indonesia terkenal sebagai
produsen motor yang memilih beroperasi di kelas mesin 2-tak dan motor sport. Pada
tahun 1960 Yamaha membuat model YDS 250cc tahun 1960 dan dilanjutkan pada tahun
1970 dengan meluncurkan YR1 350cc dan YR 5. Motor ini terkenal ringan dibanding
motor-motor dikelasnya saat itu. Selain model-model diatas, Yamaha juga
konsisten mengeluarkan produk 2-tak lainnya seperti Yamaha YZ500 2 tak V4
500 cc Rear Rotary disc Valve Inteake, bertenaga 120 PS pada 11 ribu RPM, YZR
250 2 tak 250 cc berkonvfigurasi V2 Crankcase read valv intake bertenaga 80 ps,
dan YZR500 yang merupakan sebuah motor balap Flagship Yamaha berkapasitas mesin
2 tak 500 cc V4 silinder bertenaga Maksimun lebih dari 170 PS.
Pada tahun 1980-an, Yamaha mengeluarkan FZR
750 dan FZR 1000 yang terkenal cukup sukses, karena mengaplikasi up
side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil,
danexhaust system. Mengikuti trend motor sport touring pada
tahun 1984-an Yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan dilanjutkan FJ 1200 pada tahun
1986-an. Model ini populer sampai tahun 1990-an.
Di era tahun 1990-an kepopuleran motor
2-tak masih berada setara dengan motor 4 tak. Pada era tersebut, performa motor
4 tak tidak segarang sekarang sehingga motor 2 tak tetap menjadi pilihan utama.
Bahkan bagi kalangan muda yang termasuk di dalam kategori speed freak,
motor 2 tak dianggap jauh lebih bergengsi dibanding motor 4 tak. Sehingga tak
heran, pasaran motor di tanah air waktu itu didominasi oleh motor dua tak
seperti Suzuki Tornado, RGR150 hingga NSR 150. Yamaha sendiri pada saat itu
meluncurkan varian Yamaha F1ZR, RZR 135, serta kedua tipe sport YZF-R6 dan
YZF-R1 (1000cc). Motor ini terkenal dengan designnya yang cantik, handling sip,
dan power yang luar biasa. “Kalo mau style pilihlah kedua model ini”. Inilah
perumpamaan yang ada pada saat itu. Booming motor 2-tak
tersebut tak lepas dari kondisi ekonomi Indonesia yang baik sehingga waktu itu
kadang performance dan fashion menjadi alasan
utama membeli motor.
Oleh karena itu, hingga pertengahan 1990-an, Yamaha Indonesia
fokus meluncurkan produk yang menekankan pada kecepatan kendaraan.
Sehingga kemudian tak heran Yamaha Indonesia meluncurkan tipe motor seperti
bebek Yamaha V75. Bermesin 2-tak dengan kapasitas 75 cc. Di tipe sport, Yamaha
menelurkan RS100, mesin 2-tak dengan volume dapur pacu 100 cc. Konsentrasi
riset Yamaha saat itu hanya berkutat di mesin 2-tak. Tak heran, jika produksi
yang keluar di tahun-tahun berikutnya adalah generasi mesin peminum oli
samping. Setelah V75, dilanjutkan V80, lalu V80 Super Deluxe yang kemudian
dikenal dengan Yamaha Robot. Dilanjutkan generasi Alfa dan Force One hingga
F1Z-R di tahun 1997. Di kelas sport, setelah tipe RS, Yamaha menelurkan
generasi RX. Mulai RXS, RX K dan yang paling melegenda hingga tiga puluh tahun
lamanya adalah RX-King.
Alih
Jalur Yamaha
Akhir 1990-an, terjadi perubahan
besar-besaran lingkungan bisnis, termasuk industri sepeda motor di Indonesia.
Perubahan itu terjadi begitu cepat dan benar-benar unpredictablesehingga
sejumlah perusahaan gulung tikar dibuatnya. Perubahan iklim eksternal tersebutmenyadarkan manajemen Yamaha bahwa manajemen
strategis mereka yang fokus pada motor bermesin 2-tak harus segera dirombak. Manajemen
Yamaha harus merumuskan langkah-langkah strategis agar tetap kompetitif
menghadapi pola perubahan iklim dan persaingan yang semakin ketat. Lingkungan
bisnis sudah berubah dramatis. Jika ingin tetap survive di
tengah gelombang perubahan yang semakin tidak menentu, manajemen
Yamaha dituntut tidak hanya menyiapkan satu strategi besar yang baku, namun
lebih fleksibel dan adaptif mengikuti alur perubahan. Berikut ini adalah
strategi Yamaha dalam menghadapi pola perubahan lingkungan eksternal di
Indonesia.
Membongkar
Dominasi Honda
Di tahun 1990-an jika mendengar motor
bermerek Yamaha maka yang ada di benak pikiran masyarakat yaitu motor 2-tak,
berasap, boros, namun memiliki kecepatan tinggi. Alasan Yamaha hingga saat itu
belum meluncurkan motor 4-tak adalah karena teknologi 4 langkah belum efisien
bila digunakan untuk motor ber cc kecil. Hanya Honda sendirian yang konsisten
bermain dengan motor 4-tak tidak terjun ke mesin 2-tak. Keasyikan Honda
bermain dengan mesin 4- tak ini membuahkan hasil dengan memegang tampuk juara
dalam 3 dekade, untuk penjualan sepeda motor di Indonesia. Sebagai pelopor
mesin 4 langkah, Honda di kenal sebagai sepeda motor yang irit, suaranya
lembut, dan rajanya “Bebek”. Dominasi Honda yang demikian kuat rupanya menarik
perhatian Yamaha untuk ikut bersaing di kelas motor 4-tak. Yamaha mencoba
merebut predikat “Raja Bebek” dari kompetitornya tersebut.
Pada tahun 1997, Yamaha memancangkan
tonggak sejarah dengan meluncurkan produknya Yamaha Crypton bermesin 4 tak.
Kehadiran motor ini khususnya bagi masyarakat awam cukup mengejutkan. Maklum
saja, karena saat itu, motor bermesin 4 tak dan irit hanya Honda. Yamaha
Crypton, berkapasitas 102 cc dan sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 8,2 hp @
RPM 8000. Mesin Crypton ini lebih banyak 5 cc dibandingkan dengan mesin
C100-nya Honda Astrea Grand/Supra sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih besar
1 hp dibandingkan dengan Honda. Yamaha mengklaim bahwa mesin Crypton ini minim
getaran berkat teknologibalancer yang diusungnya. Kemudian desain
bodi dan sasis mengambil basis Force1/F1Z. Untuk menarik konsumen, Yamaha
membenamkan kapasitas mesin yang lebih besar dibandingkan bebek Honda.
Sayangnya, manuver yang dilakukan Yamaha
tersebut kurang mendapat hasil menggembirakan. Yamaha Crypton yang merupakan motor
4-tak pertama bikinan Yamaha kalah dengan kegarangan Suzuki Shogun FD 110, dan
Honda Astrea Supra. Antara tahun 1997-2000an penjualan Yamaha kurang
menggembirakan dibandingkan Suzuki yang berjaya dengan Shogun dan Honda dengan
Supra, meski agak tertolong dengan perubahan bentuk Crypton menjadi Vega tahun
1999. Selain itu, tahun 2000-an serangan motor dari China begitu gencar. Honda
kemudian membuat Legenda dan Supra Fit untuk mengimbangi serbuan produk China
yang sampai memakan 20% (173,234 unit) dari penjualan motor nasional saat itu.
Dan tak ketinggalan, Suzuki mengeluarkan Shogun 125 cc. Sedangkan Yamaha
sendiri, mengeluarkan Vega R (2003) yang merupakan penyempurnaan Yamaha Vega
sebelumnya yang mendapat banyak masalah. Dengan versi pertama rem depan tromol
dan tambahan rem cakram di roda depan membuat Yamaha Vega R mendapat respon
bagus dari pasar. Selain itu, penjualannya pun kian melambung berkat dukungan advertising Yamaha
dan inovasi penggantian stripping yang makin menarik.
Berdasarkan data AISI, sepanjang 2005 Yahama berhasil meningkatkan pangsa
pasarnya dari 22,5% menjadi 24,2%. Pada saat yang sama, Honda sang penguasa
pasar malah mengalami penurunan pangsa pasar dari 52,4% menjadi 52,2. Meskipun
Yamaha mencetak kemajuan, dominasi Honda masih belum terpatahkan.
Kebijakan
Pemerintah Indonesia
Pada tahun 1998 Pemerintah Indonesia
menghimbau pabrik-pabrik Sepeda Motor untuk membuat motor yang ramah
lingkungan. Himbauan tersebut dalam rangka pengendalian pencemaran udara yang
berasal dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Pemerintah kemudian
mengeluarkan peraturan yang harus segera dipenuhi oleh para produsen kendaraan
bermotor (KM No. 141/2003 - 23 Sept 03). Peraturan yang dikeluarkan sebetulnya
merupakan penjabaran dari Euro II Emission Standard tahun 1996. Ketentuan
diberlakukannya peraturan itu tentu saja tidak berlaku secara tiba-tiba, tetapi
diberi tenggang waktu agar para produsen sepeda motor mempersiapkan
teknologinya untuk dapat memenuhi ketentuan dalam peraturan tersebut. Untuk
kendaraan 4-tak diharapkan pada 1 Juli 2006, para produsen sudah
mengaplikasikannya pada produknya, sedangkan untuk kendaraan 2-tak, pemerintah
memberikan batas waktu hingga 1 Januari 2007. Sedangkan untuk kendaraan tipe
baru peraturan itu diberlakukan pada 1 Januari 2005.
Meskipun peraturan tersebut tidak berlaku
khusus untuk motor bermesin 2-tak, namun seperti diketahui mesin 2-tak
sangat tidak ramah lingkungan. Sebagai pabrikan motor yang dikenal sebagai
spesialis motor 2-tak yang berfokus pada kecepatan, Yamaha sangat menyadari hal
itu. Untuk mengantisipasi tren perubahan akibat peraturan pemerintah tersebut,
Yamaha mulai menciptakan sepeda motor dengan mesin 4 Tak.
Adanya peraturan tersebut mendorong Yamaha
merumuskan strategi untuk mengeluarkan varian motor bermesin 4-tak tanpa
mengurangi esensi dari kecepatan yang menjadi nilai diferensiasi Yamaha. Strategi ini didukung dengan strategi
komunikasi pada berbagai media pemasaran dengan tujuan menyadarkan masyarakat
bahwa konsumsi bahan bakar minyak pada produk Yamaha hanya satu sendok lebih
banyak dari sepeda motor kompetitor. Takaran yang hanya “satu sendok lebih
banyak” tersebut terbayar dengan tingkat teknologi yang menyebabkan sepeda motor Yamaha
memiliki kecepatan yang jauh lebih unggul dibandingkan para pesaingnya.
Langkah ini terbilang tak mengecewakan.
Meskipun bisa dibilang kurang berhasil dengan peluncuran Yamaha Crypton, namun
Yamaha kemudian berhasil memperbaiki market share-nya dengan
motor-motor 4-tak generasi setelahnya (Vega, Jupiter Z, Vega R). Hal ini
kemudian membuat Yamaha semakin optimis dengan keputusannya beralih jalur ke
pasar motor 4-tak. Sampai sekitar tahun 2004, Yamaha sudah meninggalkan mesin
2-tak dan hanya menyisakan Yamaha F1Z R. Yamaha tidak benar-benar mematikan
varian F1Z R lantaran masih banyak peminatnya dan masih ada kelas di road
race.
Dengan adanya pengembangan serta inovasi
pada teknologi yang digunakan, menyebabkan Yamaha dapat menciptakan motor
dengan mesin 4-tak yang tetap berfokus pada kecepatan sehingga positioning dalam
benak konsumen terhadap kecepatan motor Yamaha tidak berubah meskipun saat ini
Yamaha tidak lagi menggunakan mesin 2-tak. Sebagai contoh, Jupiter Z saat itu
baru saja diluncurkan dan belum punya nama besar. F1Z R baru benar benar
dihentikan produksinya setelah Jupiter Z sudah naik pamor. Jadi ada
kesinambungan, seolah-olah Jupiter Z adalah suksesor F1Z R.
Strategi
Menghadapi Krisis Moneter
Saat krisis moneter menerpa Indonesia,
tahun 1997-1998, hampir semua industri mengalami shock akut, tidak terkecuali
Yamaha. Pangsa pasar Yamaha kala itu turun hingga 84 persen. Penjualan merosot
dari 460 ribu unit menjadi 74 ribu per tahun. Market share turun dari 26 persen
menjadi 15 persen. Setiap satu unit sepeda motor diproduksi, Yamaha selalu rugi
sebesar 2 juta rupiah. Total kerugian per bulan Yamaha saat itu mencapai 50 miliar
rupiah.
Akhirnya, untuk bertahan hidup, Yamaha
Indonesia menerapkan strategi cash flow management. Yaitu dengan
cara menggenjot ekspor Yamaha ke luar negeri untuk mengimbangi program
efisiensi di internal. Dan cara ini ternyata cukup ampuh. Hingga mampu
menyelamatkan Yamaha dari keterpurukan. Strategi lainnya adalah dengan tetap
menjaga eksistensi Yamaha melalui cara selective strategy dalam marketing
campaign yang dilakukannya dan menjaga kehidupan para dealer Yamaha
dengan cara menaikkan keuntungan dua kali lipat untuk tiap unit produk Yamaha
yang terjual oleh dealer. Dengan dua strategi ini, Yamaha terbebas dari krisis
dan menjadi pijakan bagi proses pengembangan berikutnya.
Begitu krisis mulai berlalu, Yamaha
langsung tancap gas. Langkah pertama yang diambil adalah pengembangan produk.
Setelah sebelumnya dalam posisi ‘no action’, Yamaha mengeluarkan produk
generasi baru sepeda motor 4-tak untuk menggantikan motor 2-tak yang mulai
ditinggalkan, yaitu Yamaha Jupiter. Produk yang diluncurkan kali pertama pada
tahun 2000 ini dibuat dengan menonjolkan kesan hi-tech, sporty-keren, mesin
yang bagus, bentuk yang dinamis, lampu kristal dengan warnanya yang bergaya
daytone racing.
Pada masa-masa awal transformasi masuk ke
kelas 4-tak, posisi Yamaha masih berada di urutan ke tiga, dibawah Honda dan
Suzuki. Yamaha masih menjadi follower karena waktu itu para
kompetitor Yamaha sudah lebih dulu masuk ke kelas 4-tak. Motor 4-tak generasi
awal Yamaha seperti Crypton, Vega dan Jupiter kurang laku di pasaran. Masa-masa
tersebut bisa dibilang masa transisi Yamaha menentukan strategi yang pas untuk
memasuki pasar yang baru. Penjualan Yamaha mulai menanjak dengan tampilnya
Jupiter Z, generasi selanjutnya dari Jupiter dengan peningkatan cc mesin dari
102 ke 110. Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2003, Jupiter Z menjadi
primadona, khususnya di kalangan anak muda.
Di benak banyak para remaja ternyata
Jupiter Z telah menggantikan posisi legendaris Force One- F1Z-F1Z R yang
merajai pasar motor di jamannya. Selain perubahan di kapasitas mesin, Jupiter Z
ditambahkan sejumlah fitur baru, seperti perubahan di sektor body, sayap yang
bersudut tajam lebih tampak kekar, knalpot yang ujung silencernya bisa dilepas,
shockbreaker dan footstep pembonceng yang tampak lebih kokoh, serta swing
arm yang full kotak. Selain itu suara mesin lebih halus daripada generasi 102
cc dengan diperbaikinya masalah lubrikasi dengan penambahan jalur oli di
silinder. Tak lupa, Yamaha membungkus terobosan baru di produknya tersebut
dengan tagline iklan “Ada Teknologi Mesin Balapnya” untuk
menonjolkan kesan sebuah motor hi-tech yang kencang dan keren
untuk dimiliki.
Perkembangan Teknologi
Tuntutan persaingan menyebabkan setiap pemain dalam industri kendaraan motor
beroda dua untuk mengembangkan teknologi baru untuk memberikan suatu keunggulan
kompetitif bagi perusahaan. Yamaha menyadari bahwa inovasi di bidang teknologi
akan menjadi kekuatan bagi pengembangan produknya. Hal tersebut yang kemudian
mendasari peluncuran varian produk baruYamaha Jupiter yang memiliki keunggulan pada kategori premium manual
transmission yang merupakan teknologi baru yang saat ini baru pertama
kalinya digunakan di dunia.
Dalam tahap pengembangan teknologi
selanjutnya, Yamaha mulai memperkenalkan Jupiter MX 135cc yang memakai sistem
pendingin radiator, teknologi piston alumunium termaju, juga DiASil Cyclinder
berupa silinder mesin motor yang 30% lebih ringan dan 60% lebih efisien dalam
hal pendinginan dibandingkan dengan blok silinder biasa. Yamaha juga memakai
teknologi AIS (Air Induction System) yang sesuai dengan standar pemerintah
tentang emisi gas buang.
Penggunaan teknologi unggul dalam produk Yamaha berikutnya, diimplementasikan dengan kehadiran teknologi Fuel
Injection (FI) yang sangat unggul dalam kualitas dan pemanfaatan
penggunaannya. Yamaha menyebut teknologi FI dengan Yamaha Mixture JET-Fuel
Injection (YMJET-FI) yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin
sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah
lingkungan.Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di
atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan
bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga
ramah lingkungan sesuai standar Euro 3. Keunggulan lain dari teknologi yang diterapkan
Yamaha adalah mesin injeksi Yamaha pada V-Ixion mudah diseting dan tidak perlu
banyak modifikasi. Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged
piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi
balap Yamaha.
Dengan teknologi FI yang diterapkan Yamaha pada V-Ixion
menjadikannya motor sport nomor satu di pasar Tanah Air. Penjualan V-Xion telah
mencapai 766.978 unit terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga
November 2011. Atau sama dengan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kompetitor.
Memanfaatkan Ceruk Pasar
Pasar sepeda motor domestik selama ini dikuasai oleh Honda, sebagai
satu-satunya pemain dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Dominasi Honda banyak berasal dari segmen motor bebek dan motor laki yang mengusung 125cc. Yamaha yang selama ini pangsa
pasarnya kecil hanya sekitar 20% mulai mengatur strategi. Sebagai
pemain baru di mesin 4-tak, Yamaha mempelajari peta kekuatan kompetitornya dan
memutuskan untuk tidak menghadapi dominasi Honda secara head to head.
Yamaha lebih memilih fokus mencari ceruk pasar yang tidak memiliki pemain
dominan.
Hasilnya kemudian Yamaha berhasil menemukan
celah yang tidak dimanfaatkan pesaingnya. Di kategori 4 tak, Yamaha tidak ikut
membuat motor bebek berkapasitas 125 cc, namun 110 dan 135 cc. Selain itu,
Yamaha juga bermain pada pasar 100-110cc dengan mengusung Vega R. Di mana sebelumnya
Honda tidak terlalu fokus pada pasar ini yang terlihat dari Honda yang lebih
gencar mengeluarkan motor berkapasitas 125 cc. Padahal pasar ini cukup
menjanjikan, sebab kelasnya gemuk dan murah, sesuai dengan kondisi perekonomian
Indonesia yang masih belum stabil. Dengan demikian Yamaha mempunyai pasar
sendiri yang tidak ada saingan di dalamnya (Blue Ocean Strategy).
Strategi perluasan pasar Yamaha kemudian
menyasar ke pasar skuter matik. Yamaha melihat peluang pasar potensial di
kategori matik selama ini belum tergarap dengan baik. Kymco yang merupakan
pelopor skuter matik kurang bisa memanfaatkan potensi pasar yang besar, dan
Yamaha berniat mengambil alih pasar tersebut.
Yamaha lalu maju dengan produk skuter matik berdesain ramping
dan fleksibel yang diberi nama Mio. Mulanya Yamaha Mio dikembangkan dengan
target segmentasi kaum wanita. Pengembangan Yamaha Mio ini dikarenakan kejelian
manajemen perusahaan setelah melakukan survey melihat bahwa jumlah pengguna
sepeda motor di kalangan wanita mencapai 13%, sementara saat itu motor yang
didesain khusus untuk wanita masih belum ada. Sebagian besar wanita (±
40%) masih takut mengendarai motor karena malu, takut kotor, takut jatuh,
dan digoda lawan jenis.
Berdasarkan hasil survei tersebut, Yamaha Indonesia
meluncurkan Yamaha Mio yang menawarkan sebuah solusi motor yang
disesuaikan dengan kodrat wanita, yaitu suatu produk yang lebih ringan, lebih
ramping, lebih pendek, lincah, dan yang utama adalah mudah dikendarai.Produk
ini kemudian dipopulerkan dengan strategi komunikasi: wanita jangan mau
ketinggalan. Jangan mau dianterin, tidak usah naik angkot. Target segmentasi Mio sebenarnya adalah wanita, yang ternyata juga mencuri
perhatian kaum pria. Hal ini tampak dari dominasi pembeli Mio adalah pria
sebanyak 60%. Sehingga kemudian Yamaha mengeluarkan Mio Sporty yang ditargetkan
untuk pemakai pria.
Yamaha Mio akhirnya kini menjadi trend setter (market
driven) bagi merek lainnya. Sampai Juli 2008, Yamaha Mio masih menjadi
pemimpin pasar di kelas bebek matic. Angka penjualan pada periode Januari –
Juni 2008 mencapai 1,3 juta unit atau berarti menguasai 58% pangsa pasar. Kesuksesan
Mio akhirnya membuat Honda dan Suzuki juga mengeluarkan produk di kategori yang
sama, Honda mengeluarkan Beat, dan Vario, sedangkan Suzuki mengandalkan
Spin.
Keberhasilan Tata Kelola Strategis Yamaha
Strategi yang diusung Yamaha ini cukup berhasil. Hal tersebut
terbukti dengan adanya kenaikan jumlah penjualan dari ± 1,3 juta unit pada
tahun 2006 melonjak menjadi ± 3,2 juta unit pada tahun 2010. Laporan
dari AISI menyatakan bahwa sepanjang 2005 Yahama berhasil meningkatkan pangsa
pasarnya dari 22,5% menjadi 24,2%. Pada saat yang sama, Honda sang penguasa
pasar malah mengalami penurunan pangsa pasar dari 52,4% menjadi 52,2%. Memasuki
2006, Yamaha berhasil mencetak penjualan 105.025 unit atau setara dengan 39,4%
pasar. Pencapaian tersebut hanya terpaut 10 ribuan unit dari penjualan Honda
sebanyak 116.873 unit (43,8%). Setahun berikutnya, pada Tahun 2007 Market
Share Honda sebanyak 38%, sementara Yamaha terpaut sedikit dengan
mencetak 36% penjualan. Bahkan puncaknya pada Maret 2007, untuk pertama kalinya
dan satu-satunya di dunia selama hampir 30 tahun pangsa pasar Honda goyah dan
dilampaui olehYamaha. Angka penjualan Yamaha per Maret 2007 mencapai angka
43,7% sedangkan Honda hanya mampu menguasai 41,5 %.
Kesimpulan
Manajemen strategis yang diterapkan secara rigid dan kaku, tidak mampu bertahan
terhadap perubahan lingkungan eksternal yang semakin sulit diprediksi.
Perencanaan strategi yang terlalu kaku menimbulkan kesulitan jika perubahan
lingkungan terjadi dengan tiba-tiba. Untuk itulah diperlukan pendekatan tata
kelola strategis yang mampu untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
Karena setiap perubahan selalu memiliki konteks unik demikian pula strategi
yang digunakan harus berbeda sesuai dengan konteks yang berlaku. Penerapan
strategi yang berbeda dalam setiap situasi menguatkan karakteristik dari
strategi itu sendiri, yang cair, fleksibel, tanpa harus kehilangan fokus utama
pada tujuan yang hendak dicapai.
Manajemen strategis yang diusung Yamaha tidak berhasil membawa
Yamaha menjadi produsen motor Indonesia yang terdepan. Bahkan sebaliknya,
dengan bersikukuh mempertahankan bidang garapan tradisional spesialis motor
2-tak, Yamaha Indonesia nyaris mengalami kebangkrutan. Beruntung para pemegang
kebijakan Yamaha menyadari hal ini, dan jeli melihat potensi pasar yang belum
tergarap. Dengan sejumlah strategi di pasar 4-tak danmemanfaatkan ceruk pasar motor otomatis,
Yamaha menemukan momentum untuk bangkit dan bersaing dengan Honda, yang sudah
puluhan tahun merajai pasar motor Indonesia. Yamaha Motor Indonesia mengambil
langkah berani dengan mengubah manajemen strategis perusahaan yang sudah
dijalankan bertahun-tahun, dan menggantinya dengan tata kelola strategis yang lebih fleksibel. Hasilnya,
Yamaha Indonesia dapat lebih mengantisipasi perubahan lingkungan dan memanfaatkannya
untuk mencapai tingkat profitabilitas luar biasa. Bahkan, pada Maret 2007,
Yamaha Indonesia mampu mencetak hasil penjualan tertinggi, menggeser Honda
sebagai produsen motor terdepan di Indonesia, sesuatu yang belum pernah dicapai
Yamaha sepanjang kiprahnya di Indonesia selama 4 dekade.
Referensi
Chandler, Alfred, Strategy And Structure: Chapters In The
History Of Industrial Enterprise, Doubleday, New York, 1962.
Clausewitz, Carl Von. 1984. “Strategy”, in On War, edited and translated by
M.Howard and P.Paret, Princeton: Princeton University Press, pp.177-183
Woodhouse,
Edward J. and David Collingridge, "Incrementalism, Intelligent
Trial-and-Error, and the Future of Political Decision Theory," in Redner,
Harry, ed., An Heretical Heir of the
Enlightenment: Politics, Policy and Science in the Work of Charles E. Limdblom, Boulder, C: Westview Press,
1993, p. 139
Murray,
Williamson and Mark Grimsley, 1994. “Introduction On Strategy”, dalam
Williamson Murray, MacGregor Knox, and Alvin Bernstein, ed., The Making of Strategy:
Ruler, States and War. Cambridge: Cambridge University Press,
pp. 1-23.
Porter,
Michael E, 1996. “What Is Strategy?”, Harvard Business Review,
November-December, pp. 61-78
Scribner,
Susan, 2000, Introduction to Strategic
Management,
Section 5
Drucker,
Peter, The Age of Discontinuity, Heinemann, London, 1969
Hanson,
Dallas et.al.2008. “Strategic Management and Strategic Competitiveness”, dalamStrategic
Management: Competitiveness and Globalisation, Melbourne:Thompson, pp.
2-35
http://blognyamitra.wordpress.com/2010/03/28/yamaha-crypton-tonggak-sejarah-ymki-bermain-di-4-tak/
http://www.anneahira.com/yamaha-motor.htm
http://taufiek.wordpress.com/2007/04/04/yamaha-tancap-gas/
http://maskurblog.wordpress.com/2010/05/25/jupiter-z-dan-generasinya/
http://warungkopi.forumotion.net/t476-asal-usul-yamaha-mio
http://executive.kontan.co.id/news/pangsa-pasar-bukan-tujuan-tapi-merupakan-hasil-bisnis
Salam orang baikku .......
BalasHapusNama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,
Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALAM LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.
Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran
Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui seorang ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui seorang ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet
BalasHapusSetelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.
Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda
Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam
Sungguh luar biasa ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.
BalasHapusReview and Promotions at Lucky Club Casino Site
BalasHapusLucky Club luckyclub Casino is one of the biggest and most spectacular online casinos in the industry and they have managed to keep its users in Rating: 5 · Review by LuckyClub.live